Sabtu, 18 April 2015

Dialog Wawancara



Waktu Wawancara
Hari                 : Sabtu
Tanggal           : 10 April 2015
Pukul               : 15.58 WIB
Tempat            : Pajak Sambu Medan
Narasumber     : Ibu Misbah

Naskah Wawancara

Saya            : Selamat sore Ibu..Saya Hani, mahasiswi dari Universitas Sumatera Utara.       Kebetulan saya sedang ada tugas kuliah tentang wawancara. Boleh saya minta waktu ibu sebentar untuk wawancara?

Ibu Misbah      : Owh.. Boleh Nak. 

Saya                : Sebelumya, nama Ibu siapa ya?

Ibu Misbah      : Bu Misbah

Saya                : Kalau boleh tahu usia Ibu berapa?

Ibu Misbah      : 53 tahun Nak.. sebentar lagi 54 lah..

Saya                : Owh.. Adik ini anak Ibu ya?

Ibu Misbah      : Iya Nak..

Saya                : Siapa namanya bu?

Ibu Misbah      : Syafrizal..

Saya                : Usianya berapa bu?

Ibu Misbah      : 17 tahun.

Saya                : Owh..Berapa bersaudara bu?

Ibu Misbah      : Lima

Saya                : Kalo boleh tahu, Sayfrizal sakit apa ya Bu?

Ibu Misbah      : Sum-sum tulangnya lemah Nak. 

Saya                : Dari lahir atau bagaimana Bu? Bisa di ceritakan  Bu?

Ibu Misbah      : Dari umur 3 bulan Nak. Awalnya badannya panas, demam, batuk-batuk. Baru pas dibawak ke rumah sakit kata dokter sum-sum tulangnya lemah.

Saya                : Kata dokter masih ada kemungkinan sembuh gak Bu?

Ibu Misbah      : Gak ada Nak.

Saya                : Ibu pernah dapat bantuan gak Bu dari pemerintah setempat?

Ibu Misbah      : Gak pernah Nak. Ibu udah pernah minta bantuan, katanya iya nanti di urus, nanti di urus. Tapi sampai sekarang gak ada.

Saya                : Ibu sendiri rumahnya dimana?

Ibu Misbah      : Di Perbaungan Nak.

Saya                : Jauh ya bu.. Jadi Ibu setiap hari kesini bersama Syafrizal? 

Ibu Misbah      : Kecuali hari kamis Nak. Karena Ibu ada wirid. Iya sama anak Ibu ini.

Saya                : Ibu ada profesi lain?

Ibu Misbah      : Ibu tukang cuci baju Nak. Nanti pagi-pagi Ibu cuci baju dulu dirumah  tetangga. Baru Ibu kesini. Awalnya Ibu tukang jual-jual burung goreng-burung goreng kayak gitu(sambil menunujuk kea rah penjual burung goreng didepan). Tapi karna banyak yang bilang “ngapainlah jualan, kasian anaknya itu dibawak-bawak kayak gitu” jadi dari situ gak jualan lagi. 

Saya                : Terus kalo ibu nyuci, Syafrizal tinggal dirumah?

Ibu Misbah      : Enggak lah Nak. Ibu bawa. Ibu gak bisa ninggalin dia. Nanti gak ada yang ngurusin. (sambil memberikan Syafrizal roti yang dilelehkan dengan teh manis kemulutnya)

Saya                : Ayah Syafrizal masih ada Bu? 

Ibu Misbah      : Masih Nak. Tapi ya pengangguran.

Saya                : Terus kalo makan, Syafrizal bisa makan pake nasi biasa Bu?

Ibu Misbah      : Pake nasi bubur itulah Nak. Kan gak lancar dia kalo nelan makanan.

Saya                : Obatnya ada Bu?

Ibu Misbah      : Ada Nak. Dia juga harus minum vitamin sama minum susu.

Saya                : Syafrizal rewel gak Bu kalo ibu lagi kerja? 

Ibu Misbah      : Gak Nak. “Syafrizal gak rewel kak, anak baik ini kak”. Ujar Bu Misbah kepada anaknya sambil mengusap-usap kepala anaknya.

Saya                : Kalo boleh tahu, apa sih yang membuat Ibu sayang sekali sama Syafrizal?

Ibu Misbah      : Namanya anak sendri kan Nak. Ini titipan Allah yang harus kita jaga. Mau     kayak mana pun ya harus diterima. Mungkin dia punya banyak kekurangan, tapi Ibu tetap sayang karna dia anak Ibu. Kalo bukan Ibu yang ngurusnya siapa lagi. (Sambil mengusap airmatanya)

Saya                : Ibu pernah gak, lagi sakit. Terus Kalo sakit siapa yang ngurusin Syafrizal?

Ibu Misbah      : Ya Ibu juga Nak. Kaki Ibu ini sering sakit. Pernah sampai gak bisa dibawak jalan, sampek ngesot-ngesot lah. 

Saya                : Pokoknya Syafrizal gak pernah lepas dari Ibu lah ya?

Ibu Misbah      : Iya Nak.

Saya                : Penghasilan Ibu dari sini sama nyuci cukup untuk keluarga Bu?

Ibu Misbah      : Gak cukup Nak. Tapi ya di cukup-cukupin lah. 

Saya              : Kalau seandainya, Syafrizal bisa sehat, normal kembali, apa yang mau Ibu sampaikan?

Ibu Misbah      : (Sambil menitikkan airmata) Ya apa ya Nak. Semoga Syafrizal sehat terus. Bisa main-main kayak anak-anak normal yang lain. 

Saya                : Kalau boleh tahu, harapan Ibu saat ini apa ?

Ibu Misbah      : Harapannya ya semoga Syafrizal sehat terus lah Nak. Ibu juga sehat, biar bisa jaga dia terus.

Saya                : Amin..  . Ibu pulang jam berapa dari sini?

Ibu Misbah      : Jam setengah enam Nak. Nanti sampek rumah jam setengah delapan malam.

Saya                : Baik kalau begitu, terimakasih atas waktunya ya Bu. Semoga Syafrizal sehat terus, Ibu juga sehat terus ya. Ibu yang sabar ya. (Sambil berjabat tangan)

Ibu Misbah      : Iya Nak. Sama-sama ya Nak. Kamu juga semoga berhasil sekolahnya ya Nak. ( Menitikkan airmata)

Saya                : Amin.. Iya Bu. Saya pulang ya Bu.

Ibu Misbah      :Iya Nak. Hati-hati ya..

Saya                : Iya Bu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar